Monday, May 9, 2016

Wisata Kuliner di Indramayu

Wisata kuliner di indramayu yang paling terkenal adalah pedesan entog, yang terbuat dari daging itik dengan bumbu khas yang cukup pedas. Tempat makan yang terkenal meyediakan ini adalah Warung Bang Combet (Jl. Olahraga, depan Indrmayu Sport Center). Sementara itu tempat makan terkenal yang menyediakan menu lengkap masakan Jawa dan Sunda adalah Rumah Makan Ibu Seha.

Jenis Kuliner di Indramayu mempunyai cita rasa tersendiri meskipun hampir sama dengan kuliner Cirebon. Berikut jenis kuliner yang khas dan mudah dijumpai di Kabupaten Indramayu, antara lain Pedesan Entog; Soto, Burbacek (Bubur Rumbah Cecek); Rumbah; Koci; Nagasari, Nasi Lengko, Dodol Mangga; Kripik Mangga; dan sebagainya.

Wisata kuliner di indramayu yang khas lainnya adalah Bubur Indramayu yang memadukan bubur ayam dengan soto sehingga kadang disebut bubur soto. Tempat makan terkenal menjual menu ini adalah Warung Yu Yani (Jl. Dharma Ayu Sindang) yang juga menjual kuliner khas Indramayu seperti Bubur Rumbah Cecek atau burbace dan Rumbah (sejenis urab, pecel dan rujak yang diberi kuah atau sambal asam, biasanya dihidnagkan dengan mie, lontong dan kerupuk. Untuk oleh-oleh yang biasa dibawa pulang, terdapat pula berbagai pusat jajanan dan toko makanan yang menjual kue dan keripik khas seperti koci, keripik mangga, keripik melinjo, dodol mangga, kerupuk udang dan cimplo.

Ikan Asin Jambal Roti - Indramayu adalah salah satu daerah pantai yang mata pencaharian penduduknya selain petani juga sebagai nelayan. Dan tidak heran, jika ikan asin banyak ditemui di kota mangga ini. Salah satu ikan asin yang terkenal dan banyak di jual di jalur pantura adalah ikan asin jambal roti. Biasanya dibungkus dengan plastik yang di gantungkan dengan aneka oleh-oleh khas Indramayu lainya.

Itulah makanan khas Indramayu atau wisata kuliner di Indramayu yang sangat terkenal dan akan ketagihan jika Anda memakannya, dan masih banyak lagi makanan khas Indramayu yang belum disebutkan disini. Jangan lupa Visit Indramayu ya...


Ada beberapa tempat Wisata Kuliner di Indramayu yang dapat dijadikan alternative, diantaranya:

a. Kecamatan Indramayu (Kuning Ayu, Panorama, Cibiuk), Pringgading)
b. Kecamatan Juntinyuat (Perdut/Glayem; Mina Ayu, Samudra, Sisi Laut, Mang Rum)
c. Kecamatan Karangampel (Perahu)
d. Kecamatan Jatibarang (Kampung Rasa)
e. Kecamatan Lelea (Pesona Liyep, Pedesan Entog)

f. Kecamatan Kandanghaur (Pesona Laut, Abah, As-Safiq, Rawud)


Demikian sekilas tentang Wisata Kuliner di Indramayu.

No comments:

Post a Comment